[iklan]

Menggunakan Block dan WBlock di Autocad

Oke guys, kali ini kita bakal bahas tentang penggunaan Block dan WBlock di Autocad. Nah, ini nih salah satu teknik yang wajib dikuasai buat para desainer atau arsitek yang sering menggunakan Autocad.

Jadi, Block dan WBlock di Autocad itu seperti kumpulan objek-objek yang bisa dijadikan satu dan kemudian disimpan buat digunakan lagi nanti. Misalnya, kita punya beberapa objek yang ingin digabung jadi satu, kita bisa memilih objek-objek tersebut dan membuatnya menjadi satu block.

Block ini bisa disimpan dan digunakan kembali di file lain. Jadi, kita nggak perlu lagi bikin dari awal setiap kali kita butuh objek yang sama.

Nah, kalau WBlock itu mirip-mirip dengan Block, cuma bedanya kita bisa menyimpannya menjadi file terpisah yang bisa digunakan di Autocad lain atau di tempat lain. WBlock ini juga bisa digunakan buat sharing objek-objek dengan orang lain atau tim kita.

Caranya gampang, kita bisa buat Block atau WBlock dengan memilih objek-objek yang ingin digabungkan, terus klik kanan dan pilih "Create Block" atau "Write Block" untuk WBlock. Kemudian kita bisa simpan Block atau WBlock tersebut buat digunakan lagi nanti.

Jadi, itu dia penjelasan tentang Block dan WBlock di Autocad, semoga bisa membantu kalian yang sedang belajar Autocad atau yang butuh tips dan trik tentang penggunaan Block dan WBlock. Stay cool guys!


 <0><4>Block dapat mempercepat proses menggambar. Sebagai aplikasi, kita dapat menggunakan Block untuk :
- membuat standar library dari simbol-simbol yang sering dipakai
- revisi gambar yang efisien dengan memasukkan, meletakkan, dan menggandakan Block sebagai komponen lebih dari sekadar objek yang berdiri sendiri
- menghemat ruang harddisk dengan menyimpan semua bentuk Block yang sama sebagai sebuah Block di dalam manajemen gambar.

Ketika kita measukkan Block ke dalam gambar, kita dapat menentukan skala X, Y, dan Z dari Bock. Nama layer, warna, dan tipe garis dari Block akan terselip secara otomatis ke dalam gambar. Jika kita membuat Block, sebaiknya kita bekerja dalam layer 0 karena semua informasi warna dan tipe garis akan sesuai dengan layernya jika dipanggil (Insert)

<0><4>

Gambar Kotak dialog menentukan objek sebagai block

<0><4> Sumber: AutoCad 2006

Terdapat dua cara dalam membuat Block, yaitu :
- BLOCK, jika objek hanya dipergunakan dalam gambar yang sedang aktif

- WBLOCK, jika objek dipergunakan untuk file gambar lain command : BLOCK (enter)
Block name (or?) : ketikkan nama block yang diinginkan (enter)
Insertion base point : tentukan titik acuan block pada objek bila nanti hendak dipanggil (di-insert) (klik)
Select object : tentukan objek yang hendak di-block (klik)
Select object : tentukan objek lainnya (klik), bila tidak ada, tekan enter Objek akan hilang dan tersimpan sebagai block dengan nama yang diketikkan tadi.

Bila hendak menampilkan kembali objek masukkan perintah : Oops

<0><4> 

<0><4>. PENGGUNAAN PROGRAM KOMPUTER DALAM TEKNIK BANGUNAN
. Aplikasi Komputer dalam Teknik Bangunan

 .SELENGKAPNYA Aplikasi Program AutoCad dalam Teknik Bangunan 

0 comments:

Posting Komentar

Catatan Sementara

 
© - Catatan Afandi Kusuma | Buku.suwur | Furniture.Omasae | JayaSteel | OmaSae | Alat Pesta + Wedding | Galvalum | DepoAirIsiUlang | Seluruh Arsip