[iklan]

Pergerakan untuk Membangkitkan Umat Islam belum berhasil

Begitu banyak hal yang sangat memprihatinkan di negeri ini, juga di dunia pada umumnya. Perlu kebangkitan umat untuk memperbaiki hal itu. Banyak upaya yang telah dilakukan. Walau belum berhasil, namun upaya tersebut telah memberikan pengaruh besar bagi umat dan generasi berikutnya untuk mencoba lagi membangkitkan umat.

Paling tidak ada empat hal yang perlu dimiliki oleh organisasi atau gerakan yang hendak membangkitkan umat (Islam). Pertama, gerakan atau organisasi tersebut harus memiliki fikrah (pemikiran) dengan batasan yang jelas, agar tidak muncul kekaburan dan pembiasan. Fikrah tersebut harus cemerlang, jernih, dan murni.
Kedua, gerakan itu harus mengetahui thariqah (metode) bagi penerapan fikrahnya. Fikrahnya harus diterapkan dengan kesiapan yang baik agar tidak terjadi kesimpangsiuran atau ketidakjelasan.

Ketiga, gerakan tersebut harus bertumpuh pada orang-orang yang sepenuhnya memiliki kesadaran yang benar dan memiliki niat yang benar, jangan sampai hanya berbekal keinginan dan semangat belaka.
Keempat, orang-orang yang menjalankan tugas gerakan-gerakan tersebut harus mempunyai ikatan yang benar. Janganlah ikatannya hanya struktur organiasasi itu sendiri dengan sejumlah deskripsi mengenai tugas-tugas organisasi dan slogan-slogan organisasi.

Kelompok-kelompok yang hendak membangkitkan umat itu jangan hanya berbekal berbekal kesungguhan dan semangat semata, yang jika hal itu habis, aktivitasnya pun habis.

Kegagalan yang telah terjadi oleh kelompok pergerakan merupakan hal yang wajar jika gerakan-gerakan tersebut tidak berdiri pada fikrah yang benar dengan batasan yang jelas, tidak mengetahui thariqah yang lurus, tidak bertumpu pada orang-orang yang berkesadaran sempurna, serta tidak mempunyai suatu ikatan yang benar.

Bersambung, insyaAllah.

0 comments:

Posting Komentar

Catatan Sementara

 
© - Catatan Afandi Kusuma | Buku.suwur | Furniture.Omasae | JayaSteel | OmaSae | Alat Pesta + Wedding | Galvalum | DepoAirIsiUlang | Seluruh Arsip