Istilah-istilah dalam Bidang Software (Perangkat Lunak)
AbstractionMerupakan prinsip penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan masalahnya
Algoritma
Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis
Array
Struktur data yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama
Atribut
Karakteristik atau ciri yang membedakan antara entitas satu dengan entitas yang lainnya
Authentication
Proses memeriksa keabsahan seseorang sebagai user (pengguna) pada suatu system (misalnya pada DBMS)
Basic Input/Output System (BIOS)
Kode-kode program yang pertama kali dijalankan ketika komputer dinyalakan
(booting)
Basis data (database)
Kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya,
tersimpan dalam perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak
untuk memanipulasinya
Command Line Interface (CLI)
Antar muka pengguna dengan model perintah-perintah teks
Compiler
Penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin dengan cara sekaligus seluruh kode program. Prosesnya disebut kompilasi.
Component Object Model (COM)
Infrastruktur yang disediakan oleh Visual Basic untuk mengakses obyek-obyek atau kontrol-kontrol lain sepanjang punya antar muka yang dapat diakses oleh Visual Basic.
Constraint
Batasan-batasan dari masalah
Control
Aktivitas monitoring dan evaluasi terhadap feedback untuk menentukan apakah system telah bekerja dengan baik atau tidak
Counter
Variable pencacah yang digunakan dalam struktur algoritma pengulangan
Database Management System (DBMS)
Perangkat Lunak yang khusus / spesifik ditujukan untuk pengelolaan basis data
Disk Operating System (DOS)
Salah satu sistem operasi lama berbasis CLI
Elektronika
Ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat
Entitas
Individu yang mewakili sesuatu yang nyata (eksistensinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain
Extensible Hypertext Markup Language (XHTML)
HTML versi terakhir (4.01) yang ditulis ulang dengan aturan-aturan yang
lebih ketat mengacu pada XML
Extensible Markup Language (XML)
Sekumpulan aturan untuk menyusun bahasa markup
Feedback
Data tentang kinerja sistem
Flowchart
Skema/bagan (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika
Gejala
Signal atau tanda terjadinya suatu masalah
Gerbang logika
blok-blok penyusun dari perangkat keras elektronik
Graphical User Interface (GUI)
Antar muka pengguna dengan model grafis
Identifier
Nama dari suatu variable atau konstanta
Ilmu komputer
Suatu studi sistematis pada proses-proses algoritma yang menjelaskan dan mentransfor-masikan informasi
Inheritance atau pewarisan
Prinsip pewarisan sifat dari orang tua ke anak atau turunannya yang diterapkan pada kelas
Inisialisasi
Instruksi yang dilakukan pertama kali pada suatu variabel atau ekpresi pemrograman
Input
Elemen-elemen yang masuk ke dalam system
Integrated Developement Environment (IDE)
Lingkungan pengembangan aplikasi terintegrasi. Perangkat lunak untuk membantu mempermudah pembuatan aplikasi komputer
Interpreter
Penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin dengan cara satu per satu baris dibaca dan langsung diterjemahkan
Kardinalitas………
…….SELENGKAPNYA…
0 comments:
Posting Komentar