. .
[iklan]

Melatih diri Menghadapi Masalah

Alhamdulillah, beberapa waktu terakhir ini banyak kesempatan untuk melatih diri menghadapi masalah yang rumit dan mungkin bagi kebanyakan orang adalah masalah yang berat. Bersyukur Tuhan memberikan kekuatan untuk dapat menyelesaikannya dengan baik. Tuhan juga memberikan kemudahan dalam menghadapi dan menyelesaikan semua masalah itu dengan sebelumnya mesti banyak berlatih ikhlas dan sabar. Ikhlas memberikan hak kita pada orang lain yang sebenarnya tidak berhak, dan sabar dalam berjuang memperbaiki hubungan dan membantu orang lain dalam memperjuangkan hak mereka. Berlatih untuk dengan sangat mudah mengikhlaskan jika ada milik kita yang diambil orang lain, namun di sisi lain mudah sekali tergerak untuk membantu, jika ada hak orang lain yang diambil oleh pihak yang tidak berhak. Kemudian tidak pernah berputus asa dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap persoalan. Ya, semua itu adalah karunia dari Tuhan Yang Pemurah.

Dalam setiap tahap latihan itu pun Tuhan juga sering memberikan ganjaran secara langsung. Rejeki yang datang dari sumber yang tidak kita sangka. Hubungan baik dengan orang lain yang akhirnya mereka lebih mudah untuk membantu kita, dan lebih mudah dalam membuka diri dalam bekerja sama. Orang yang lebih suka membeli pada kita meski dengan harga lebih mahal atau yang lainnya. Ya, hal-hal yang membuat kita akan merasa sangat malu jika tidak senantiasa bersyukur.

Dengan sering melatih diri menghadapi masalah seperti itu, kita bisa merasakan diri kita bisa lebih siap menghadapi berbagai persoalan. Tidak ada rasa tertekan, menyesal atau mengeluh. Semua masalah tidak terasa menjadi beban sama sekali. Menghadapinya dengan lebih tenang, dan tetap berbaiksangka. Dan akhirnya setiap ada masalah akan lebih mudah terselesaikan. Lalu Tuhan memberikan masalah yang lebih besar, dan lebih sering. Dan seakan semua tidak lagi menjadi masalah. Tidak masalah berapapun persoalan yang harus kita hadapi. Itulah yang akan kita rasakan jika kita sudah sering menghadapi masalah, lalu kita ikhlas menerimanya, dan sabar dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Tidak ada persoalan yang tidak dapat diselesaikan, semoga. Semakin besar dan banyak persoalan yang mesti kita selesaikan, semakin kuat diri kita. Alhamdulillah.

.Astaghfirullah al Adzim.
Ada yang mungkin ketinggalan. Dengan banyaknya masalah, kita juga harus bersiap untuk banyak istighfar. Barangkali kita telah melakukan dosa. Dan semoga masalah, cobaan, atau ujian yang kita hadapi sebagai jalan penghapus dosa kita.

0 comments:

Posting Komentar

Catatan Sementara

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bismillahirrohmanirrohim رَبَّنَا ظَلَمْنَاۤ اَنْفُسَنَا وَاِ نْ لَّمْ تَغْفِرْ لَـنَا وَتَرْحَمْنَا لَـنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi." (QS. Al-A'raf 7: Ayat 23). Ya Rahman ya Rahim, Jagalah kami dari neraka JahanamMu yg amat dahsyat. Sungguh, kami tidak akan mampu menjadi penghuninya, walau hanya sesaat. Yaa Aziz aku mohon , kembalikan kami smua di dlm Husnul khotimah.. Yaa ghofar ampuni dosa kedua orang tua kami , sdr2 kami serta orang2 Sholeh dan masukkan klg kami smua dlm surga-Mu . Aamiin 🤲
 
© 2021 Catatan Afandi Kusuma | www.suwur.com | Furniture.Omasae | JayaSteel | OmaSae | suwur | Galvalum | DepoAirIsiUlang | Seluruh Arsip